Pasar Pembalap F1: Norris Bisa Kena Efek Domino Hamilton-Leclerc

24 Januari 2023, 21:10 WIB
Editor: Tri Cahyo Nugroho
Pembalap McLaren, Lando Norris (tengah), berbincang dengan kru di sela-sela persiapan menghadapi F1 2020.
Pembalap McLaren, Lando Norris (tengah), berbincang dengan kru di sela-sela persiapan menghadapi F1 2020. /Twitter/McLarenF1

  • Jika Lewis Hamilton mundur dari Formula 1 pada akhir musim 2024, perpindahan pembalap dipastikan bakal ramai.
  • Skenario yang muncul hampir pasti melibatkan Charles Leclerc dan Lando Norris.
  • Leclerc dan Norris adalah pembalap muda yang paling banyak diburu tim-tim elite.

SKOR.id – Di sepak bola Eropa, Januari selalu menjadi waktu untuk transfer musim dingin. Klub-klub biasanya akan belanja pemain untuk memperkuat posisi di paruh kedua musim atau bahkan musim berikutnya.

Di Formula 1, Januari biasa dipakai pembalap dan tim untuk persiapan menghadapi pramusim. Tidak ada perpindahan pembalap pada bulan pertama setiap tahunnya itu.

Namun begitu, ada sejumlah rumor terkait masa depan pembalap F1, yang semua berawal dari Tim Mercedes-AMG Petronas. Hingga kini, tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu belum juga menginformasikan soal pembaruan kontrak Lewis Hamilton.

Pertanyaan pun muncul karena nama-nama pembalap top pun langsung dikaitkan sebagai pengganti potensial untuk juara dunia F1 tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, 2020) tersebut.

Jurnalis senior di F1 Peter Windsor memiliki analisis tersendiri soal siapa saja yang berpotensi menggantikan pembalap asal Inggris bernomor mobil 44 itu.

“Anggap Hamilton gantung helm pada akhir musim 2024. Saya membayangkan Toto Wolff (Prinsipal Tim Mercedes) akan mencoba fokus ke Charles Leclerc,” ucap Windsor lewat akun Twitch pribadinya.

“Memasangkan Leclerc dengan George Russell mungkin berisiko memunculkan problem. Tetapi, jika Wolff berani menduetkan Russell dengan Hamilton (mulai F1 2022), saya yakin ia tidak akan bermasalah melakukannya terhadap Leclerc.”

Pembalap Tim Mercedes-AMG Petronas Lewis Hamilton (kiri) menyiramkan sampanye ke arah pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc di podium sebuah balapan F1 pada 2022 lalu.
Pembalap Tim Mercedes-AMG Petronas Lewis Hamilton (kiri) menyiramkan sampanye ke arah pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc di podium sebuah balapan F1 pada 2022 lalu. Twitter / Charles Leclerc Fan Page (@LeclercNews)

Pria yang pernah menjadi Manajer Tim Williams Racing pada 1991 itu lantas melempar pertanyaan apa yang akan dilakukan Ferrari bila Leclerc nantinya benar-benar ke Mercedes untuk menggantikan Hamilton, mengingat hipotesis ini bukanlah utopia.

“Saya rasa mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan Lando Norris. Di sisi lain, akan cukup sulit bagi Norris untuk menolaknya, terlepas ia masih terikaat kontrak.

“Saya rasa, tim selevel Ferrari mampu mengatasi masalah kontrak siapa pun pembalap yang mereka kejar. Saya melihat kans Norris untuk bergabung ke Ferrari cukup besar bila Leclerc menggantikan Hamilton di Mercedes.”

Windsor juga menjelaskan mengapa Ferrari menjadi destinasi ideal bagi Norris, dan bahkan lebih baik daripada Red Bull Racing, yang diakui Norris sempat menghubunginya sebelum ia memperbarui kontrak dengan McLaren.

“Jika berada di posisi Lando Norris, saya akan pergi ke Ferrari atau Mercedes. Saya tidak mau berduet dengan Max Verstappen meskipun sudah mendapatkan tawaran dari Red Bull,” ucap Windsor.

“Ferrari akan sangat bagus bila mendapatkan Norris, dan akan banyak pihak yang mendukung. Norris kini pasti berpikir apa yang akan terjadi setelah Hamilton memberi pengumuman nanti.

“Norris pasti ingin saat pengumuman Hamilton bilang: ‘Oke, ini hari yang tepat bagi saya untuk mundur.” Dengan begitu, Norris bisa melakukan apa yang harus dikerjakannya.”

Berita Formula 1 Lainnya:

Rekor Unik yang Berpotensi Dipecahkan Charles Leclerc dan Lando Norris di F1 2023

10 Tahun Menjadi Bos Tim Mercedes F1, Ini Torehan Impresif Toto Woff

Jalani Persiapan F1 Musim 2023, Fernando Alonso Beri Bukti Refleksnya Masih Sempurna

 

 

.  

Tag

Video

Berita Terkait

Formula 1

Kamis, 22 Desember 2022

Charles Leclerc Pediksi Mercedes bakal Gacor pada F1 2023

Charles Leclerc memberikan prediksinya soal F1 2023.

Formula 1

Sabtu, 21 Januari 2023

Mercedes Bantah Rumor Lewis Hamilton Sepakati Kontrak Baru Senilai Rp1,14 Triliun

Juru bicara Tim F1 Mercedes menegaskan bahwa diskusi perpanjangan kontrak dengan Lewis Hamilton belum dimulai sama sekali.

Formula 1

Senin, 23 Januari 2023

Lando Norris Ingin Bertarung dengan Carlos Sainz Jr dan George Russell

Pembalap F1 Lando Norris berharap McLaren bisa membawanya sejajar dengan tim sekelas Ferrari dan Mercedes.

Terbaru

Formula 1

Selasa, 31 Januari 2023

Audi Perkirakan Bakal Temui Kesulitan Awali Formula 1

Audi sudah memperkirakan akan menemui sejumlah kendala saat turun di Formula 1 mulai 2026 nanti.

Formula 1

Selasa, 31 Januari 2023

Kontrak Charles Leclerc belum Jadi Prioritas Ferrari

Fred Vasseur menyebut jika kontrak Charles Leclerc bukanlah prioritas utamanya.

Formula 1

Senin, 30 Januari 2023

Demi Rebut Titel Konstruktor F1, Ferrari Paksa Mekanik Lakukan Latihan 1.000 Kali Pit Stop

Ferrari berambisi memenangi lagi gelar konstruktor F1 yang terakhir mereka raih pada 2008 silam.

Formula 1

Senin, 30 Januari 2023

1 Kesalahan Fatal yang Sebabkan Mattia Binotto Pisah dengan Ferrari

Pengamat Formula 1, Peter Windsor, menyebut ada satu kesalahan fatal yang dilakukan Mattia Binotto, yang membuatnya berpisah dengan Ferrari.

Formula 1

Minggu, 29 Januari 2023

Frederic Vasseur Senang Dapat Bantuan Mattia Binotto pada Awal Masa Tugasnya di Ferrari

Prinsipal baru Tim F1 Ferrari, Frederic Vasseur, masih mendapatkan bantuan dari sosok yang digantikannya, Mattia Binotto.

Formula 1

Minggu, 29 Januari 2023

Max Verstappen Menumpuk Uang di Luksemburg

Max Verstappen terus menangani uang yang berasal dari nama dan logo merek dagangnya melalui perusahaan Luksemburg.

Formula 1

Jumat, 27 Januari 2023

AlphaTauri Gaet Orlen, Alfa Romeo Gandeng Stake

Dua tim Formula 1 Scuderia AlphaTauri dan Alfa Romeo Racing mendapatkan sponsor besar menjelang bergulirnya musim balap 2023.

Formula 1

Kamis, 26 Januari 2023

5 Pembalap yang Wajib Dongkrak Performa pada Formula 1 2023

Para pembalap Formula 1 memang wajib selalu turun dalam performa terbaik. Namun, beberapa di antaranya bakal lebih tertekan daripada lainnya untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Formula 1

Rabu, 25 Januari 2023

Lewis Hamilton Mengaku Bersitegang dengan Toto Wolff Karena 2 Hal Ini

Lewis Hamilton dan Toto Wolff sempat berselisih paham ketika Mercedes mengganti livery dari perak ke hitam di tahun 2020.

Formula 1

Rabu, 25 Januari 2023

Formula 1 2023 Terungkap: Kapan Ferrari Rilis Mobilnya?

Balapan F1 tahun 2022 adalah tahun dengan emosi campur aduk bagi Ferrari. Tim kuda jingkrak melakukan lompatan besar. Tapi juga memudar karena banyak kesalahan sendiri.
X