F1 GP Emilia Romagna 2020: Sebastian Vettel Tak Sabar Balapan di Sirkuit Imola

30 Oktober 2020, 16:30 WIB
Editor: Doddy Wiratama
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel belum mau mengungkapkan rencananya untuk F1 2021.
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel belum mau mengungkapkan rencananya untuk F1 2021. /(Grafis: M. Yusuf/Skor.id)

  • Sebastian Vettel hanya bisa menyaksikan melalui paddock saat F1 menggelar balapan terakhir di Sirkuit Imola pada 2006.
  • Pembalap asal Jerman ini menegaskan karakter Sirkuit Imola menuntut kesempurnaan dan tak mentoleransi adanya kesalahan.
  • Sirkuit Imola mengalami perubahan yang diprediksi membuat catatan lap lebih cepat enam detik ketimbang sebelumnya.

SKOR.idSirkuit Imola, Italia, akan kembali menggelar salah satu seri dari ajang balap Formula 1 (F1) setelah absen dari kejuaraan tersebut selama 14 tahun.

Hal itu dilakukan demi memenuhi kuota balap yang diinginkan oleh para petinggi F1 agar mendapat pemasukan sesuai kontrak yang berlaku pada musim ini.

Namun, balapan di Sirkuit Imola menjadi hal baru bagi sebagian besar pembalap di F1. Mengingat mereka belum pernah balapan di trek yang merenggut nyawa Ayrton Senna itu.

Seperti pembalap Scuderia Ferrari Mission Winnow, Sebastian Vettel, yang mengatakan bahwa Sirkuit Imola menjadi teritori baru bagi dirinya.

“Saya tak pernah melakoni balapan di sana. Namun, semua orang mengetahui Imola karena trek ini memiliki lereng yang paling terkenal di kejuaraan pada masa lalu,” kata Vettel.

“Saya masih ingat berada di sini pada 2006 lalu, ketika menjadi pembalap cadangan di BMW-Sauber.”

“Namun, saya tak sempat berjalan menyusuri lereng tersebut. Jadi, ini akan menjadi teritori baru bagi saya,” ujarnya dikutip Skor.id dari Speedweek.com.

Ferrari telah meraih delapan kemenangan di Sirkuit Imola, dengan yang pertama diraih tim Kuda Jingkrak pada 1982.

Dari delapan kemenangan tersebut, Michael Schumacher menyumbang enam podium tertinggi untuk Ferrari di Sirkuit Imola pada 1999, 2000, 2002, 2003, 2004, dan 2006.

Pada sisi lain, alasan keamanan menjadi salah satu faktor yang membuat ajang balap mobil jet darat itu tak lagi menggelar balapan di sana dalam 14 tahun terakhir.

Namun, dengan beberapa perubahan dan peningkatan keamanan yang ada, F1 kembali memilih Sirkuit Imola sebagai pelengkap musim ini.

Pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel, saat bersiap turun dalam sesi latihan bebas kedua F1 GP Hungaria 2020 yang digelar di Hungaroring, Hungaria, 17 Juli 2020.
Pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel, saat bersiap turun dalam sesi latihan bebas kedua F1 GP Hungaria 2020 yang digelar di Hungaroring, Hungaria, 17 Juli 2020. (Twitter.com/ScuderiaFerrari)

“Kesan saya terhadap trek ini adalah sebuah arena balap yang menjaga keasliannya dan karakternya yang tak memaafkan kesalahan,” ujar Vettel.

“Itu merupakan salah satu alasan mengapa saya tak sabar untuk mengeluarkan seluruh kemampuan di sini,” empat kali juara dunia F1 itu melanjutkan.

Perubahan desain Sirkuit Imola yang paling terlihat adalah tikungan setelah start dan menjelang garis finis yang dihilangkan.

Sedangkan pada desain yang baru juga para pembalap bisa menekan gas penuh antara sektor Rivazza ke Tamburello.

Diperkirakan, catatan lap akan lebih cepat enam detik dari lap terbaik milik Michael Schumacher dengan 1 menit 20,411 detik yang dicatatkan pada 2004 lalu.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Pada akhir pekan ini, Formula 1 (F1) 2020 bakal memasuki seri ke-13 yang akan digelar di Sirkuit Imola, Italia, dengan tajuk GP Emilia Romagna. Berbeda dengan seri lainnya pada F1 2020, akhir pekan balap GP Emilia Romagna hanya bergulir selama dua hari, yakni 31 Oktober-1 November 2020. Para pembalap hanya akan mendapat satu sesi latihan bebas selama 90 menit pada Sabtu (31/10/2020) dilanjutkan kualifikasi pada hari yang sama. Sementara sesi balapan GP Emilia Romagna dijadwalkan berlangsung pada Minggu (1/11/2020) dengan 63 lap di Sirkuit Imola. Pemangkasan jadwal dilakukan agar tim punya cukup waktu istirahat mengingat jarak tempuh dari venue seri sebelumnya kelewat jauh untuk sebuah balapan beruntun. Pada akhir pekan lalu, GP Portugal bergulir di Sirkuit Algarve, Portimao. Venue itu berjarak 2.431 km dari Sirkuit Imola, Italia, yang bakal digunakan untuk GP Emilia Romagna. Berdasarkan penulusuran Skor.id, jarak GP Portugal dan Emilia Romagna menjadi yang terjauh dibandingkan dengan venue lain yang juga menggelar balapan beruntun pada F1 2020. Biasanya, jika jarak antar-venue lebih dari 2.000 km, maka jeda antar-seri bakal berlangsung lebih lama agar seluruh pihak mendapat waktu persiapan yang cukup. Meski GP Emilia Romagna merupakan seri baru dalam kompetisi F1, tetapi tidak dengan Sirkuit Imola yang bakal digunakan sebagai venue balapan. Sebab, sirkuit dengan nama resmi Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari itu pernah 26 kali menggelar balapan F1 dengan tajuk GP San Marino. Ferrari menjadi tim paling sukses selama mentas di Sirkuit Imola dengan delapan kali menempatkan pembalapnya sebagai pemenang. Sementara untuk predikat pembalap tersukses disanding oleh Michael Schumacher yang tercatat tujuh kali memenangi balapan di sirkuit legendaris tersebut. Kali terakhir Sirkuit Imola digunakan untuk menggelar balapan F1 terjadi pada musim 2006. Kala itu, balapan dimenangi Michael Schumacher yang memperkuat Ferrari. Berikut jadwal F1 GP Emilia Romagna 2020:

A post shared by Skor Indonesia (@skorindonesia) on

Baca berita F1 lainnya:

Sebastian Vettel Merasa Beda Kelas dengan Charles Leclerc

Jadwal F1 GP Emilia Romagna Akhir Pekan Ini

  • Sumber: speedweek.com
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Formula 1

    Kamis, 29 Oktober 2020

    Seluruh Tim F1 Sepakat Gaji Pembalap Dibatasi Mulai Musim 2023

    Rencana pembatasan gaji pembalap F1 dilakukan untuk mengurangi risiko krisis keuangan karena ketidakpastian yang disebabkan Covid-19.

    Formula 1

    Jumat, 30 Oktober 2020

    F1 GP Emilia Romagna 2020: Mercedes Berpeluang Kunci Gelar Juara Dunia Konstruktor Akhir Pekan Ini

    Mercedes-AMG Petronas berpeluang besar mengunci gelar juara dunia konstruktor F1 2020 saat GP Emilia Romagna digelar akhir pekan ini.

    Formula 1

    Kamis, 29 Oktober 2020

    F1 GP Emilia Romagna 2020: Mattia Binotto Memastikan Ferrari Sudah Berbenah

    Mattia Binotto mengatakan Ferrari sedikit demi sedikit berbenah usai melakukan finalisasi perbaikan di F1 GP Portugal 2020 pekan lalu.

    Terbaru

    Formula 1

    Kamis, 9 Desember 2021

    Jadwal F1 GP Abu Dhabi 2021: Puncak Duel Max Verstappen vs Lewis Hamilton

    Kompetisi Formula 1 (F1) 2021 akhirnya mencapai puncak, akhir pekan ini.

    Formula 1

    Rabu, 8 Desember 2021

    Saat Kimi Raikkonen Diminta Memilih Jadi Presiden F1 atau Finlandia

    F1 GP Abu Dhabi 2021 yang digelar akhir pekan ini bakal menjadi balapan terakhir Kimi Raikkonen di ajang yang telah membesarkan namanya.

    Formula 1

    Rabu, 8 Desember 2021

    Perebutan Juara Dunia F1 2021: Lewis Hamilton 2 Kali Gagal Juara dalam Pertaruhan Terakhir

    Lewis Hamilton tiga kali menghadapi perburuan titel F1 hingga seri terakhir. Ia mengalami dua kali kekalahan dan menang sekali saja

    Formula 1

    Selasa, 7 Desember 2021

    5 Momen Lewis Hamilton Berebut Gelar Juara Dunia F1 hingga Balapan Terakhir

    Selama 15 tahun berkarier di F1, Lewis Hamilton lima kali berebut gelar juara dunia yang harus ditentukan lewat balapan terakhir.

    Formula 1

    Selasa, 7 Desember 2021

    13 Fakta Menarik F1 GP Arab Saudi 2021: Puncak Pertarungan 2 Calon Jawara

    Akhir pekan lalu, Sirkuit Jeddah Corniche akhirnya tuntas menjalankan tugasnya sebagai tuan rumah balap jet darat.

    Formula 1

    Senin, 6 Desember 2021

    Diwarnai Banyak Insiden, George Russell Minta Sirkuit Jeddah Corniche Dibuat Lebih Aman

    Pembalap Williams, George Russell, telah meminta Sirkuit Corniche Jeddah untuk dimodifikasi setelah gagal finis dari F1 GP Arab Saudi perdana.

    Formula 1

    Senin, 6 Desember 2021

    Max Verstappen: F1 Sekarang Bukan Perkara Balapan tetapi Hukuman

    Ajang F1 GP Arab Saudi 2021 telah rampung digelar pada Minggu (6/12/2021).

    Formula 1

    Senin, 6 Desember 2021

    Juara Dunia F1 2021 Ditentukan Seri Terakhir, Max Verstappen vs Lewis Hamilton Ukir Sejarah

    Duel perebutan gelar juara dunia F1 2021 antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton dipastikan berlangsung hingga seri terakhir.

    Formula 1

    Senin, 6 Desember 2021

    Hasil F1 GP Arab Saudi: Lewis Hamilton Menang Dramatis, Persaingan Perebutan Juara Dunia Makin Sengit

    Dipenuhi sejumlah insiden, Lewis Hamilton berhasil menjadi yang tercepat di GP Arab Saudi.

    Formula 1

    Minggu, 5 Desember 2021

    FI GP Arab Saudi 2021: Tak Mau Kena Penalti, Max Verstappen Putuskan Tak Ganti Gearbox

    Max Verstappen mengalami nasib sial dalam rangkaian F1 GP Arab Saudi.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X